Berapa Denda Shopee Paylater 1 Hari? Begini Cara Hitungnya

Grandsetiabudihotel.co.id Bagi pengguna baru ada juga yang bertanya terkait berapa denda Shopee Paylater 1 hari? Untuk menjawab pertanyaan ini tentu kamu harus memahami bagaimana mekanisme perhitungan denda di aplikasi tersebut. 

Selama ini Shopee Paylater memang memudahkan pengguna yang ingin berbelanja di aplikasi tersebut. Dengan fitur tersebut, kamu tidak perlu mengeluarkan uang karena semuanya dibayarkan menggunakan uang di Shopee Paylater ini. 

Namun ketika sudah terlambat membayar maka ada denda yang ditetapkan oleh pihak Shopee. Untuk denda ini ada perhitungannya sendiri dan ada bunganya juga di tiap transaksi. 

Mekanisme Tagihan di Shopee Paylater

Mekanisme Tagihan di Shopee Paylater

Sebelum mengetahui berapa denda di Shopee Paylater maka ketahui dulu bagaimana mekanisme tagihannya. Umumnya setiap kali kamu melakukan transaksi di Shopee Paylater ini semua datanya akan dikumpulkan terlebih dahulu. 

Ketika pengumpulannya sudah selesai maka Shopee Paylater akan mencetak tagihan tersebut di tanggal yang telah ditentukan. Ketentuannya pada tanggal 25 di setiap bulannya

Ketika tagihan ini sudah tercetak di aplikasi tersebut maka pengguna harus segera melunasi tagihan itu. Dari data yang sudah dicetak ini, Shopee Paylater memberi batas waktu hingga 10 hari. Dengan demikian jatuh tempo pembayarannya di tanggal 5 atau 11 setiap bulannya. 

Jika pengguna tidak segera melunasi hingga batas tersebut maka akan dikenakan denda. Ketika dikenakan denda maka limit kredit akan dikembalikan dan kamu tidak bisa menggunakan limit itu untuk bertransaksi di Shopee. 

Baca Juga  Begini! 5 Cara Cek Pulsa Axis Terlengkap dan Benar 2023

Berapakah Denda Shopee Paylater 1 Hari?

Berapakah Denda Shopee Paylater 1 Hari

Pengguna akan dikenakan denda jika sampai tanggal 5 atau 11 belum melunasi tagihannya. Untuk ketentuan dendanya ini bukan berdasarkan hitungan hari melainkan per bulan. Perlu diketahui juga bahwa tanggal jatuh tempo ini tidak bisa diubah oleh siapapun karena sudah by system. 

Sehingga ketika sudah terlambat 1 hari maka biaya keterlambatan sudah diberlakukan. Untuk biaya terlambat 1 hari atau 1 bulan itu sebesar 5% dari total tagihan yang telah dicetak. 

Contoh kamu memiliki tagihan sebesar Rp. 2 juta rupiah dan terlambat selama satu hari maka dendanya 5%. Jadi dendanya sebesar Rp. 100 ribu dan total tagihan yang harus dibayarkan sebesar Rp. 2,1 juta. 

Tagihan tersebut

Konsekuensi Denda Terlambat Membayar Tagihan Shopee Paylater

Konsekuensi Denda Terlambat Membayar Tagihan Shopee Paylater

Bagi kamu yang terlambat membayar tagihan selain ada dendanya juga ada konsekuensi lain seperti:

1. Peringkat Kreditnya Merah

Bagi kamu yang terlambat membayar denda juga akan berpengaruh pada peringkat kredit. Jika belum dibayarkan maka peringkat kreditnya akan merah dan ini sudah tercatat di Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK). 

Jika hal ini terjadi maka kamu akan kesulitan mengajukan pembiayaan kredit usaha. Hal ini berlaku di semua perbankan atau lembaga keuangan yang melayani kredit untuk modal usaha. 

2. Shopee Terus Melakukan Penagihan

Ketika tagihan dan dendanya belum dibayarkan maka pihak Shopee Paylater akan terus melakukan penagihan. Bentuk penagihannya bisa via chat di aplikasi, telepon atau cara lainnya. 

Bagi yang tagihannya belum dibayarkan dalam kurun waktu 3-4 bulan maka akan dilakukan penagihan di lapangan. Perhitungan ini berdasarkan tanggal jatuh tempo tagihan yang seharusnya kamu bayarkan. 

3. Voucher Shopee Dibatasi

Jika jatuh temponya sudah berlaku maka voucher Shopeenya akan dibatasi penggunaannya. Kamu tidak bisa lagi mendapatkan potongan harga ketika melakukan pembelian barang. 

Baca Juga  9 Cara Keluar Dari Grup WA Tanpa Ketahuan Dengan Mudah

Cara Membayar Tagihan dan Denda Shopee Paylater

Bagi kamu yang sudah punya uang dan akan membayar tagihan maka bisa dilakukan dengan cara berikut:

1. Buka Aplikasi Shopee

Kamu bisa membuka aplikasi Shopee terlebih dahulu yang ada di smartphone. Setelah itu pastikan kamu login dengan menggunakan akun di tagihan Shopee Paylater. 

2. Lihat Tagihan

Setelah membuka aplikasi di Shopee Paylater bisa melihat tagihan terlebih dahulu dengan cara sebagai berikut:

  1. Setelah sudah masuk di akun maka kamu bisa membuka menu Saya di bagian bawah. 
  2. Kemudian kamu bisa masuk ke menu Shopee Paylater yang ada di Dompet Saya. 
  3. Kemudian tagihan itu akan terlihat dan kamu bisa mengecek dengan mengklik Periksa Detail Tagihan.

3. Metode Pembayaran

Ketika sudah muncul tagihannya maka kamu bisa melakukan pembayaran dengan cara:

  1. Pastikan masih login di akun Shopee lalu masuk ke menu Bayar Sekarang. 
  2. Kemudian kamu bisa memilih salah satu metode pembayaran mulai dari minimarket, transfer bank atau Shopeepay. 
  3. Lakukan pembayaran atau pelunasan sesuai dengan petunjuk yang muncul di layar smartphone. 

Cara Menghitung Bunga Shopee Paylatter

Setiap kali memanfaatkan Shopee Paylatter ini akan dikenakan bunga dan tenor yang telah ditentukan. Untuk besarnya bunganya mulai dari 2,95% dengan tenor waktu cicilan mulai dari 2,3,6 hingga 12 bulan atau 1 tahun. 

Dengan ketentuan bunga seperti di atas maka kamu perlu mengetahui bagaimana cara menghitung bunga di platform tersebut. Untuk menghitung bunga bisa memahami beberapa simulasi berikut:

Kamu membeli sebuah barang dengan harga Rp. 3 juta dengan bunga 2,95%. Dengan pembelian tersebut maka besarnya bunga yang perlu dibayarkan Rp. 3 juta x 2,95% = Rp. 88.500 per bulannya. Untuk lebih jelasnya berikut simulasi cicilan untuk barang tersebut:

Cicilan 1x = Rp. 3.000.000 + Rp. 88.500 = Rp. 3.088.500

Cicilan 2x = (Rp. 3.000.000 : 2) + Rp. 88.500 = Rp. 1.588.500

Baca Juga  8 Cara Membuat Stiker WA Lucu, Keren, dan Bergerak di 2023

Cicilan 6x = (Rp. 3.000.000 : 6) + Rp. 88.500 = Rp. 586.500

Cicilan 12x = (Rp. 3.000.000 : 12) + Rp. 88.500 = Rp. 338.500

Cara Mengajukan Keringan Tagihan Shopee Paylatter

Bagi kamu yang belum sanggup membayar tagihan maka bisa mengajukan keringanan untuk pembayaran dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Shopee lalu klik menu Saya. 
  2. Lalu kamu masuk ke Shopee Paylatter. 
  3. Cek notifikasi pesan dan kamu akan mendapatkan kebijakan dengan mengklik Restrukturisasi Hutang.
  4. Lalu klik Bayar dan masukkan minimal pembayaran kemudian klik Metode Pembayaran. 
  5. Untuk pembayaran bisa memilih berbagai metode lalu klik Konfirmasi. 
  6. Kamu bisa melakukan pembayaran sesuai waktu dan nominal yang tertera di notifikasi tersebut. Dengan cara ini otomatis tanggal jatuh tempo pembayaran akan diperpanjang hingga 1 bulan berikutnya. 

Perlu diketahui bahwa pembayaran yang tidak sesuai waktu dan nominal yang ada di notifikasi maka keringanan ini akan hangus. Dengan demikian tampilan Shopee Paylatter akan menampilkan seperti semula. 

Proses pengajuan keringan ini hanya bisa dilakukan sebanyak 3 kali per pengguna. Selain itu ketika mengajukan pengajuan itu ada biaya yang perlu dibayarkan pada tagihan bulan berikutnya. 

Jadi denda Shopee Paylatter 1 hari ataupun satu bulan itu besarnya sama-sama 5%. Untuk proses pembayaran denda ini bisa dilakukan di cicilan bulan berikutnya sesuai ketentuan yang ada. 

Denda ini harus segera dibayar dan pihak Shopee akan terus menghubungi kamu baik via chat atau telepon untuk pembayarannya. Bila dalam jangka waktu 3-4 bulan belum membayar maka akan dilakukan penagihan secara langsung di lapangan.

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Grandsetiabudihotel.co.id:

✅ Berita Terkini Seputar Game

Kumpulan Tutorial Terbaru

Rekomendasi Aplikasi Terbaik