Penulisan Yth Pada Surat yang Benar Lengkap Dengan Contohnya

Grandsetiabudihotelcoid – Surat merupakan sarana untuk berkomunikasi dengan orang lain baik secara resmi atau tidak. Untuk komunikasi dengan surat secara resmi ini perlu mencantumkan penulisan yth pada surat dibagian atasnya. 

Penulisan yth pada surat ini harus diperhatikan dengan seksama dan tidak boleh salah. Banyak sekali orang yang masih bingung dalam menulis kata yth mulai dari awal dan akhirnya menggunakan kata atau tanda baca apa. 

Selain yth ada juga berbagai kesalahan lain yang perlu diperbaiki bagi kamu yang ingin berkomunikasi via surat. Jika kamu salah satu yang membutuhkan informasi tersebut maka berikut ulasan selengkapnya. 

Seberapa Penting Menulis Alamat Surat dengan Benar?

Seberapa Penting Menulis Alamat Surat dengan Benar

Sebelum mengirimkan surat atau paket maka kamu perlu mengetahui bagaimana cara menulis alamat pada surat. Sebab di dalam alamat tersebut ada informasi penting yang didalamnya menjamin surat tersebut bisa sampai ke tempat tujuan. 

Penulisan alamat yang salah bisa membuat barang itu hilang dan kamu bisa rugi biaya dan waktu. Sedangkan menulis alamat surat dengan benar bisa mempercepat pengiriman surat dan memudahkan kurir menemukan alamat tujuan. 

Penulisan Yth pada Surat dan Penggunaanya

Penulisan Yth pada Surat dan Penggunaanya

Yth merupakan singkatan dari yang terhormat dan ini harus ditulis pada saat akan mengirimkan surat atau paket. Sebutan ini juga sebagai rasa hormat kepada penerima surat. 

Untuk itu kamu perlu mengetahui bagaimana penulisan Yth yang benar saat menulis surat. Ada beberapa ketentuan dalam menulis Yth ini pada surat dan berikut ulasan selengkapnya:

  • Penulisan Yth ini diletakkan pada awal surat dan umumnya ditulis setelah alamat penerima surat. Namun kata ini juga ditulis sebelum kalimat pembuka pada surat. 
  • Setelah menuliskan kata Yth tidak perlu menggunakan kata ‘kepada’ di dalam surat. Bentuk penulisan yth dan kepada secara bersamaan ini adalah bentuk penulisan yang salah. 
  • Penulisan Yth ini hanya huruf awalnya saja yang kapital lalu dilanjut dengan nama penerima dimana huruf awal juga harus kapital. 
  • Setelah menulis Yth ini harus diikuti tanda titik untuk mengakhiri penulisan tersebut. 
Baca Juga  9+ List APN Tri Tercepat Buat Gaming, Browsing dan Streaming

Contoh penulisan Yth:

Yth. Bapak/Ibu/Saudara (nama penerima surat)

Di tempat

Cara Menulis Alamat Surat yang Benar

Cara Menulis Alamat Surat yang Benar

Setelah mengetahui penulisan yth maka kamu juga harus tahu bagaimana menulis alamat dengan benar. Dalam penulisan alamat ini harus ditulis selengkap-lengkapnya dan tidak boleh disingkat, berikut ulasan selengkapnya:

  1. Penulisan nama penerima ditulis di atas alamat lalu diikuti dengan jabatannya bila ada. 
  2. Lalu di bagian bawah nama bisa ditulis nama perusahaan atau instansi dari penerima surat. 
  3. Untuk alamat harus ditulis secara lengkap mulai dari nama jalan, nomor rumah, RT/RW , kelurahan, kecamatan, kabupaten dan provinsi serta kode posnya. 
  4. Alamat ini harus ditulis secara jelas dan detail serta mudah dibaca oleh kurir yang mengantar surat. 
  5. Setiap kali awal kata harus menggunakan huruf kapital mulai dari nama jalan hingga provinsi penerima. 
  6. Khusus pengiriman surat ke luar, nama negara ditulis di bawah alamat dan pastikan menggunakan bahasa Inggris

Dengan mengikuti kaidah penulisan seperti di atas maka surat tersebut akan mudah dikirim ke tempat tujuan. Bahkan surat itu bisa sampai lebih cepat dan tidak akan ada kesalahan dalam pengiriman. 

Contoh penulisan alamat yang benar:

Yth. Bapak/Ibu Suwandak

Direktur Utama

PT Karunia Indah

Jalan Kapten Susilo Nomor 16

Kelurahan Mawar, Kecamatan Tanah Abang

Jakarta Selatan

10220

Format Penulisan Alamat Surat yang Benar

Format Penulisan Alamat Surat yang Benar

Dalam penulisan alamat ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan perlu ditulis dengan benar, diantaranya:

  1. Pada awal kata penting mulai dari nama penerima, nama jalan hingga provinsi harus diawali dengan huruf kapital. Lalu kata selanjutnya menggunakan huruf biasa. 
  2. Tidak boleh menyingkat kata apapun dalam menulis surat termasuk nomor jalan. Namun ada pengecualian untuk ka-kata yang sering digunakan seperti RT, RW dan yang lainnya.
  3. Hindari menuliskan kata ‘No’ namun tulislah secara lengkap dengan kata ‘ Nomor’
  4. Khusus alamat yang terdiri dari beberapa baris maka bisa menggunakan tanda koma. 
  5. Kode pos penerima perlu ditulis di bagian akhir alamat dan harus jelas dan benar. 
Baca Juga  14 Daftar APN XL Tercepat Anti Ngelag + Cara Settingnya!

Berbagai Kesalahan Dalam Penulisan Alamat Surat

Berbagai Kesalahan Dalam Penulisan Alamat Surat

Beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh setiap orang dalam menulis surat diantaranya sebagai berikut:

1. Alamat Penerima Ditulis di Tengah Amplop

Bagi orang yang masih awam terkadang alamat penerima ditulis di bagian tengah pada amplop. Seharusnya alamat penerima ini ditulis di bagian bawah sebelah kanan di amplop. Penulisan seperti ini agar alamat tersebut mudah dibaca oleh petugas pos atau kurir. 

2. Menggunakan Singkatan saat Menulis Alamat

Singkatan pada penulisan alamat ini bisa dilakukan di beberapa bagian yang sudah lumrah seperti RT/RW. Selain itu penulisan harus ditulis secara singkat, jelas dan mudah di baca. 

Beberapa singkatan yang sering digunakan seperti ‘Jln’ atau ‘Kav’ bagi mereka yang tinggal di kompleks. Penulisan seperti ini jelas salah namun terkadang petugas pos sudah memahami dari singkatan tersebut. 

Meski demikian sebaiknya tidak menggunakan singkatan yang tidak lazim digunakan. Tujuannya agar lebih dipahami banyak orang khususnya kurir yang mengantar surat. 

3. Tidak Menulis Kode Pos

Bentuk kesalahan yang sering dilakukan oleh penulis surat terkadang tanpa kode pos. Penulisan seperti ini jelas salah karena fungsi kode pos sangat penting untuk ditulis di surat.

Sehingga bagi kamu yang belum tahu kodepos bisa mencari terlebih dahulu di Google lalu tulis dengan jelas. 

4. Kesalahan Menuliskan Yth

Hal yang sering atau banyak salah tentu ada pada penulisan Yth pada surat. Untuk itu kamu bisa membaca ketentuan yang ada di atas terkait penulisan Yth yang benar saat menulis surat.

Pastikan Huruf awalnya saja yang kapital lalu diakhir dengan tanda titik dan tidak perlu menulis ‘kepada’

5. Tanpa Nama Pengirim

Nama pengiriman sama pentingnya dengan menulis alamat saat menulis surat. Nama dari pengirim ini perlu ditulis sebagai bentuk pengenal terkait siapa yang sebenarnya mengirimkan surat tersebut. 

Baca Juga  Rekomendasi Link Kamera Mode Malam Oppo Config Terbaru

6. Tinta atau Penanya Buram

Bentuk kesalahan lainnya ada pada pemilihan tinta atau penanya yang buram. Hal seperti ini perlu dihindari dan kamu perlu mencari tinta yang tepat agar penulisannya mudah terbaca dan jelas. 

7. Pemilihan Ukuran Amplop

Bentuk kesalahan yang terakhir ada pada pilihan ukuran amplop dan penting untuk diperhatikan. Dalam mengirimkan surat tidak boleh sampai melipat jika itu dokumen penting. Sehingga jika dirasa penting maka carilah amplop yang sesuai dengan ukuran suratnya. 

Akhir Kata

Jadi penulisan Yth pada surat yang benar itu tidak boleh di awal dengan kata ‘kepada’. Lalu penulisan huruf kapital hanya ada di awal kata dan diakhiri dengan tanda titik. 

Penulisan yth ini juga harus ditulis di bagian bawah sebelah kanan pada surat. Setelah kata yth bisa diikuti dengan nama pengiriman, nama jalan hingga provinsi tempat penerima surat tinggal.

Baca Juga:

Jangan sampai ketinggalan informasi terkini seputar teknologi dan tutorial terbaru dari Grandsetiabudihotel.co.id:

✅ Berita Terkini Seputar Game

Kumpulan Tutorial Terbaru

Rekomendasi Aplikasi Terbaik